Kamis, 03 November 2016



1. Alam ruh
Setiap manusia yang lahir di dunia ini awalnya telah melalui alam ruh. Dalam QS. Al-A’raf ayat 173 telah dijelaskan kejadian alam ruh yang dilalaui oleh setiap manusia. Dalam alam ruh ini manusia telah mengimani bahwa Tuhan yang menciptakan ruh mereka adalah Allah SAW dan manusia juga telah menjadi saksi bahwa Tuhan semesta alam hanyalah Allah semata.

2. Alam rahim
Alam rahim merupakan alam dimana manusia berada dalam kandungan ibunya. Alam rahim ini ada setelah Allah menghembuskan ruh kedalam rahim seorang wanita. Hal ini telah dijelaskan dalam QS. Sajdah ayat 9 yaitu terbentuknya janin dalam sebuah rahim setelah ditiupkannya ruh kedalamnya. Manusia berada dalam alam rahim ini selama kurang lebih 9 bulan lamanya.

3. Alam dunia
Perjalanan hidup umat manusia dalam Islam selanjutnya adalah alam dunia. Alam ini merupakan alam ketiga yang dilewati oleh seorang manusia, di alam dunia ini manusia hidup beragam umur mulai dari umur sesaat hingga panjang umur mencapai 100 tahun. Alam ini merupakan alam dimana manusia harus dapat mengumpulkan banyak bekal untuk perjalanan kea lam selanjutnya.

4. Alam kubur
Setiap manusia yang telah mengalami kematian akan menuju ke alam kubur yaitu alam yang memutuskan hubungan manusia dengan kehidupan dunianya. Dalam alam kubur ini manusia akan menerima semua ganjaran atas semua yang telah dilakukannya selama hidup di dunia dan hanya amal baik saja yang dapat menolong mereka. Alam kubur ini sering disebut sebagai alam barzah atau alam penantian datangnya hari kiamat.

5. Hari kiamat
Hari kiamat akan terjadi ketika malaikat Isrofil meniupkan sangkakala, pada tiupan pertama bumi beserta isisnya akan hancur, pada tiupan kedua semua makhluk hidup yang telah mati dibangkitkan kembali, dan tiupan ketiga semua makhluk yang telah dibangkitkan dikumpulkan dalam padang mahsyar. Hal ini telah ditertulis dengan jelas dalam QS. Az-Zumar ayat 68. Inilah salah satu fase kehidupan manusia menurut islam.

6. Hari penghisaban atau perhitungan amal
Setiap manusia yang telah dibangkitkan dan dikumpulkan di padang mahsyar akan dimintai pertanggung jawaban mereka selama didunia. Semua amalan manusia selama di dunia ditimbang, jika seseorang menerima raport catatan amal dengan menggunakan tangan kiri itu artinya dia merupakan manusia yang banyak melakukan amal buruk, sedangkan jika seseorang menerimanya dengan tangan kanan maka dapat dipastikan bahwa orang itu merupakan orang-orang ahli surga. Hal ini telah dijelaskan dalam QS. Al-Insyiqaq ayat 7-12.

7. Hari pembalasan
Setiap manusia yang telah menerima raport amal perbuatannya maka selanjutnya mereka akan mengadakan perjalanan dalam lembah neraka. Jika seseorang memiliki banyak amal kebaikan maka dia akan dengan mudah melewati lembah neraka tetapi jika tidak memiliki amal perbutan baik maka dia akan terjerumus dalam lembah neraka dan mereka akan terperosok dalam neraka dengan siksa yag amat pedih.

Itulah beberapa informasi seputar 7 fase alam kehidupan yang pasti dilalui manusia dan setiap manusia harus mengetahui semua fase ini untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.
                                                                              

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

Random Post

BTemplates.com

Diberdayakan oleh Blogger.

cursor

Cute Rocking Baby Monkey

cursor new

musik

Blogger templates

Blogger templates

Blogger templates

Blogroll

BTemplates.com

Popular Posts